Uncategorized

Kepemimpinan yang Baik

Keberhasilan seorang pemimpin dalam suatu organisasi didasarkan pada kemampuan untuk menyelesaikan hal-hal luar biasa melalui berbagai proses. Proses tersebut mencakup metode yang digunakan oleh para pemimpin untuk mengubah nilai menjadi tindakan, hambatan menjadi inovasi, visi menjadi kenyataan, risiko menjadi penghargaan dan keterpisahan / pembagian menjadi solidaritas. Kepemimpinan bertanggung jawab untuk menciptakan iklim di mana orang / tenaga kerja mengubah peluang yang menantang menjadi kesuksesan yang luar biasa (Kouzes & Posner (c) p.xi).

Dalam sebuah organisasi tidak ada kekurangan untuk peluang yang menantang terutama di masa-masa ini ketika ada peningkatan tantangan yang dikombinasikan dengan berbagai kompleksitas. Setiap generasi menghadapi ancaman baru dan serius dan juga bersama anak muda kolaborasi medan berkah menemukan keadaan yang menguntungkan untuk mengatasi atau menyelesaikan ancaman. Karena itu, peran kuncinya adalah menemukan respons yang tepat untuk menghasilkan solusi yang paling efektif dan efisien. Respons terhadap suatu tantangan berpotensi sangat memperbaiki keadaan atau memperburuk situasi secara serius (Kouzes & Posner (c) px).

Kouzes dan Posner mengusulkan model kepemimpinan yang memberikan ide-ide konvensional dan merangkul langkah-langkah inovatif untuk mendukung tim kerja dan memberikan arahan selama masa yang tidak pasti dengan memanfaatkan sepenuhnya keterampilan dan bakat bawahan dan kolega, dengan menemukan keseimbangan yang lebih baik dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi, dengan memberikan contoh positif berkenaan dengan etika dan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari, gunakan pengetahuan tentang produk dan layanan untuk menciptakan nilai lebih bagi pelanggan, pertimbangkan kearifan dan kepolosan berbagai generasi di tempat kerja dan manfaatkan manfaat pengetahuan ilmiah untuk dihasilkan. dunia yang lebih berkelanjutan dan lebih aman.

Kepemimpinan harus mengadopsi alat teknologi baru untuk menciptakan jaringan koneksi manusia, membangun kembali pemikiran komunitas di tempat kerja dan meningkatkan pemahaman di antara tenaga kerja yang beragam, mengubah informasi menjadi pengetahuan, meningkatkan standar hidup kolektif orang, mempromosikan perdamaian ke dunia yang lelah perang dan menciptakan harapan dan arti makna yang mendalam bagi kehidupan orang-orang.

Setiap tantangan menciptakan kebutuhan pada orang-orang untuk memanfaatkan peluang untuk memimpin dunia menuju kehebatan. Kepemimpinan adalah kolaborasi medan berkah tentang melepaskan metode kontrol dan pengawasan tradisional, penghargaan dan hukuman dan mengambil keuntungan dari karakter individu, inovasi dan keberanian keyakinan. Ini semua tentang menjawab panggilan untuk kepemimpinan. Dapat dicatat bahwa kepemimpinan tidak spesifik untuk beberapa wanita dan pria karismatik yang dipilih, tetapi itu adalah proses yang dapat dipraktikkan oleh orang-orang biasa untuk menghasilkan hasil terbaik untuk diri mereka sendiri dan orang lain. Pembebasan pemimpin dalam diri seseorang memunculkan hasil yang luar biasa

Apakah tantangannya adalah untuk menekankan belajar mandiri atau mengembangkan konstituen dalam suatu organisasi, tim, rekan kerja, laporan, manajer atau anggota masyarakat, pemimpin dapat mengambil tindakan segera untuk mengimplementasikan rekomendasi yang disebutkan di atas. Pemimpin tidak perlu melakukan pertemuan, diskusi, atau mempertimbangkan anggaran atau meminta izin dari rekan kerja atau manajemen puncak untuk mendukung tindakan guna memenuhi tantangan atau memperbaiki situasi. Orang tersebut dapat melakukan proses dengan disiplin dan komitmen pribadi. Langkah menuju kepemimpinan yang lebih baik adalah membangkitkan kembali pemimpin dalam diri.

Konsistensi adalah faktor penting yang diperlukan dalam perilaku seorang pemimpin karena itu mencerminkan kredibilitas orang tersebut. Orang akan percaya bahwa mereka dapat mengandalkan pemimpin dan tindakan mereka dari waktu ke waktu dan memiliki harapan tertentu.

Tindakan pemimpin adalah memberikan layanan. Oleh karena itu seorang pemimpin akan diikuti hanya jika orang secara tidak sadar atau tidak sadar menilai orang tersebut mampu menemukan solusi untuk kebutuhan dan masalah mereka.

Ketika seorang pemimpin melepaskan metode manajemen tradisional, itu tidak selalu berarti bahwa harus ada banyak informasi baru atau teknik terbaru untuk mengelola suatu situasi. Ini semua tentang memimpin ide-ide yang sudah ada di jiwa tetapi perlu diimplementasikan. Sangat penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki kejelasan nilai-nilai untuk membimbingnya ke arah yang benar. Jika pemimpin jelas tentang strategi yang akan diterapkan, menjadi lebih mudah untuk tetap berada di jalur yang dipilih untuk memulai langkah-langkah untuk membuat perbedaan.

Loyalitas bukanlah faktor yang dapat dituntut oleh seorang pemimpin, tetapi merupakan faktor yang dipilih orang untuk diberikan ketika seseorang mendapatkannya melalui perbuatannya. Kewenangan seseorang tidak mendapatkan loyalitas tetapi ditawarkan berdasarkan kapasitas pemimpin untuk menyelesaikan suatu kebutuhan.

Seorang pemimpin yang baik harus mau mendengarkan kritik. Tidak perlu memperhatikan semua komentar negatif tetapi orang tersebut harus mendengarkan kritik yang sehat tanpa sanjungan yang menguntungkan pemimpin untuk mengambil langkah-langkah perbaikan dan meningkatkan proses perubahan.

Masalah yang terkait dengan kritik adalah bahwa mayoritas pemimpin tidak ingin mempertimbangkan umpan balik yang jujur. Jika tidak ada umpan balik sukarela dari orang-orang yang peduli, pemimpin harus mengajukan pertanyaan tentang bagaimana efektivitas teknik baru yang diterapkan oleh pemimpin untuk mengubah situasi atau menghadapi tantangan.

Setelah menyusun proposal baru, pemimpin harus berhenti sejenak dan meninjau situasi sebelum beralih ke metode kemajuan baru. Pemimpin terbaik adalah mereka yang mengamati keadaan dan kemudian menghasilkan strategi.

Teladan kepemimpinan tidak berevolusi dari metode yang diilhami secara ilahi atau solusi kenabian atau visi pemimpin, tetapi terjadi dengan menemukan metode untuk memenuhi aspirasi rakyat. Orang-orang suka meramalkan masa depan mereka. Visi bersama membuat seorang pemimpin lebih dapat diterima karena orang lebih suka menjadi bagian dari proses daripada diarahkan ke suatu proses.

Para pemimpin harus mampu menciptakan warisan abadi dari visi mereka untuk menyusun masa depan yang cerah dan menggairahkan sebagai bagian dari kompetensi mereka. Para pemimpin zaman sekarang harus memiliki kepedulian terhadap dunia esok dan bagi orang-orang yang mewarisinya. Ini membuat para pemimpin untuk meninggalkan organisasi dalam posisi yang lebih baik. Seorang pemimpin yang berpandangan ke depan lebih disukai oleh publik dan hanya kedua dari kualitas kejujuran yang diperlukan dalam seorang pemimpin. Tantangan kepemimpinan adalah melampaui pelatihan atau membimbing orang. Ini memberi contoh bagaimana hal itu dapat mengubah kehidupan orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *