berita

Bonsai Kelapa– Tipe, Metode Membuat serta Perawatan Tanaman

Bonsai ialah tata cara pengerdilan tumbuhan secara terencana dengan tujuan seni. Sebagian tipe bonsai yang terkenal serta diminati para penghobi tumbuhan hias antara lain bonsai serut, bonsai beringan, dan bonsai kelapa.

Buat menciptakan tanaman bonsai yang memiliki keunikan nilai seni besar, dibutuhkan ketelatenan mulai dari penanaman, pembuatan serta perawatan. Nah untuk yang mau membuat bonsai kelapa sendiri, berikut ini panduan yang dapat diiringi.

Sejarah Pendek Tumbuhan Bonsai

Walaupun lebih terkenal bagaikan seni bercocok tanam dari Jepang, nyatanya metode mengerdilkan tumbuhan berasal dari Cina. Pada tahun 220 Masehi orang- orang Cina menyebut metode ini dengan istilah penjing. Seni menjaga tumbuhan kerdil sampai berumur ratusan ini mulanya dicoba oleh tabib di Cina. Mereka silih berikan hadiah berbentuk tumbuhan bonsai.

Sebab kerutinan tersebut, timbul inovasi dimana tumbuhan bonsai dibangun sedemikian rupa supaya terlihat lebih menawan. Umumnya obyek yang jadi inspirasi merupakan simbol ataupun wujud biantang tertentu.

Berikutnya konsep pengerdilan tumbuhan tersebar ke sebagian negeri dekat, tercantum Jepang. Di Jepang, pada Masa Kamakura bonsai cuma jadi hobi untuk golongan bangsawan. Tetapi bersamaan berjalannya waktu sampai Era Edo, alamalami.com nyaris segala warga Jepang memiliki bonsai di rumah mereka. Sebutan bonsai berasal dari istilah penzai pada Masa Meji di abad ke- 19. Dalam bahasa serta lafal jepang, bon ataupun pen berarti pot dangkal serta sai ataupun zai berarti penanaman. Bila kedua kata tersebut digabung hingga bonsai mempunyai makna penanaman yang dicoba pada pot dangkal.

Tumbuhan bonsai sanggup hidup puluha sampai ratusan tahun. Seni bercocok tanam ini mempunyai nilai sakral, seni serta arti kehidupan dan kematian. Oleh karena itu, tidak sembarang orang juga yang tertarik buat memilikinya.

Bila biasanya bonsai terbuat dari tumbuhan berkayu keras, terdapat bonsai unik yang berasal dari tumbuhan kelapa. Berikut ini merupakan pembahasan lengkap menimpa metode menanam sampai metode merawatnya.

Memahami Bonsai Kelapa

Siapa sangka tumbuhan kelapa yang umumnya berkembang tegak serta besar menjulang dapat terbuat bonsai. Apalagi sebagian penghobi sukses membuat bonsai bercabang sampai berdimensi mini. Pembuatan tanaman kelapa jadi bonsai juga bukanlah gampang, hendak namun bila sukses melaksanakannya hingga tidak cuma nilai seni besar yang dipunyai, sebab harga jualnya juga sangat besar. Para kolektor bonsai biasanya tidak keberatan dengan harga besar demi penuhi hasrat hobi mereka.

Metode Membuat& Menjaga Bonsai Kelapa

Buat membuat tumbuhan kelapa bonsai yang cocok dengan kemauan kita, dibutuhkan langkap pas mulau dari pemilihan tipe bibit tumbuhan kelapa, media tanam, metode pembuatan dan penjaannya.

1. Pemilihan Tipe Kelapa

Sama semacam menanam tanaman yang lain, buat memperoleh bonsai kelapa yang baik hingga wajib berasal dari bibit yang baik. Tipe tumbuhan kelapa yang kerap dijadikan bonsai merupakan kelapa gading merah, kelapa gading susu serta kelapa albino.

2. Pemilihan Bibit

Kriteria bibit yang dapat digunakan merupakan berasal dari buah kelapa yang tua. Bibit buah wajib dipetik langsung dari tumbuhan serta bukan jatuh dari pohonnya. Hendaknya seleksi buah kelapa yang mempunyai banyak pangkal serta berbatok kecil.

3. Penempatan Posisi Batok Kelapa

Tunas kelapa umumnya timbul pada minggu ke 2 ataupun ke 3. Penempatan bibit pula wajib dicermati, karena bibit vertikal hendak menciptakan batok dikelilingi pangkal. Sebaliknya bibit yang diletakkan secara horizontal hendak berkembang semacam keong.

4. Bilas Sabut Kelapa

Sehabis tunas kelapa berkembang, hingga sabut kelapa wajib dibersihkan. Pembersihkan dapat dicoba dengan mengupas batok kelapa. Sayatan hendaknya dicoba secara membujur mengitari batok. Berhati- hatilah dikala melaksanakan penyayatan supaya tidak mengusik tunas baru yang berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *